Rabu, 30 April 2014

Contoh RPP Perilaku Ekonomi kelas X



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKONOMI
Konsep Ilmu ekonomi
SMA Kelas X

Nama  : Devi Pranita
NIM     : 06111003021       
Dosen Pengasuh : Dra. Yulia Djahir,M.Pd

PENDIDIKAN EKONOMI
JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
INDRALAYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah             : SMA Negeri 1 Indralaya
Kelas/Semester
            : X / 1
Peminatan
                  : IPS
Mata Pelajaran
           : Ekonomi
Tema/Topik
                : Konsep ilmu Ekonomi
Pertemuan ke-
            :
Alokasi Waktu
            : 2 x 45 menit
A.    Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mensyukuri sumber daya sebagai karunia Tuhan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup
1.2   Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, mandiri, kritis dan analitis dalam mengatasi permasalahan ekonomi
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani, peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi
3.1   Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
4.1   Menyajikan konsep dasar ilmu ekonomi

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menunjukkan rasa syukur atas sumber daya sebagai karunia Tuhan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, mandiri, kritis dan analitis dalam mengatasi permasalahan ekonomi
3. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani, peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi
4. Menjelaskan pengertian ilmu ekonomi
5. Menjelaskan tindakan ekonomi, motif ekonomi, dan prinsip ekonomi
6. Menyajikan konsep dasar ilmu ekonomi

D.    Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menunjukkan rasa syukur atas sumber daya sebagai karunia Tuhan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup
2. Siswa dapat menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, mandiri, kritis dan analitis dalam mengatasi permasalahan ekonomi
3. Siswa dapat menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani, peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi
4. Siswa dapat mendefinisikan pengertian ilmu ekonomi
5. Siswa dapat mendeskripsikan metodologi ekonomi
6. Siswa dapat mendeskripsikan tindakan ekonomi,motif ekonomi,dan prinsip ekonomi

E.      Materi Ajar
1. Ilmu ekonomi
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran
2. Tindakan ekonomi, morif ekonomi, dan prinsip ekonomi
·         Tindakan ekonomi adalah setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan.
·         motif ekonomi adalah alasan ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan
·         prinsip ekonomi merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang didalamnya terkandung asas dengan penghargaan tertentu dan mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga tercapailah semua tujuan dan prinsip ekonomi
F.      Metode Pembelajaran           :          
1.Two stay two stray (dua tinggal dan dua bertamu)
2.Diskusi

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran

A.       Kegiatan Pembelajaran

Alokasi
Waktu
1.      Kegiatan awal:
a. Apersepsi (absensi, doa)
b.Pemberian motivasi menggunakan berbagai gambar yang berhubungan dengan konsep ekonomi, pengertian ilmu ekonomi, tindakan ekonomi, motif ekonomi, prinsip ekonomi, dan penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan.
c. Penyampaian tujuan pembelajaran.

20 menit
2.      Kegiatan Inti :
a. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anggota 4 siswa, 2 siswa bertugas di rumah (two stay dan 2 siswa bertamu (two stray). Pembagian tugas keempat siswa adalah siswa 1 dengan materi konsep ilmu ekonomi, siswa 2 dengan tindakan ekonomi, siswa 3 dengan materi motif ekonimi, siswa 4 dengan materi prinsip ekonomi.
b.Masing-masing kelompok bertugas untuk mengamati,  mencari dan menanya informasi tentang pengertian ilmu ekonomi, tindakan ekonomi,  motif ekonomi, prinsip ekonomi, dan penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan dengan pembagian tugas seperti yang dirinci pada nomor 1.
c. Masing-masing kelompok bertugas untuk menentukan data dan mengumpulkan tentang pengertian ilmu ekonomi, tindakan ekonomi,  motif ekonomi, prinsip ekonomi, dan penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan melalui studi pustaka dan sumber lain yang relevan.
d.      Masing-masing kelompok bertugas untuk melakukan klasifikasi, menganalisis dan menghubungkan tentang pengertian ilmu ekonomi, tindakan ekonomi,  motif ekonomi, prinsip ekonomi, dan penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan metode two stay, two stray.
e. Masing-masing kelompok membuat laporan pengertian ilmu tentang pengertian ilmu ekonomi, tindakan ekonomi,  motif ekonomi, prinsip ekonomi, dan penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan.
f. Perwakilan masing-masing kelompok melakukan presentasi, untuk ditanggapi kelompok lain.
g.Masing-masing kelompok menyempurnakan laporan berdasarkan tanggapan dari kelompok lain dan mengumpulkan laporan.

65 menit
3.      Kegiatan Akhir :
a. Guru bersama siswa membuat simpulkan tentang pengertian ilmu ekonomi, pembagian ilmu ekonomi, prinsip ekonomi, dan penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan
b.Guru memberikan tugas individu tentang pengertian ilmu ekonomi, tindakan ekonomi,  motif ekonomi, prinsip ekonomi, dan penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan
c. Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu kelangkaan, biaya peluang, dan contoh biaya peluang, masalah ekonomi dan system ekonomi


10  menit

H.    Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a.        Alat  / Bahan         :    Power point, LCD, Laptop

     
           
b.        Sumber Belajar      :   Buku Ekonomi Kemdikbud 2013 dan buku ekonomi lain yang relevan dan ber-isbn, internet dan nara sumber 
I. Penilaian
1.Tehnik penilaian dan bentuk penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
a.             Pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap
b.            Penilaian pre test
Tes Uraian
c.             Penilaian Post test
Tes Piliha Ganda
           
2. Instrumen
a.        Lembar pengamatan sikap

No

Nama siswa
Aspek yang dinilai
Religi
Rasa ingin tahu
Tanggung jawab
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1
Wulandari









2
Azizah









3
Devi









4
Linda









5
Sri Hartini









6
Oktarina









7
Rizky Mirani









8
Ruri









9
Yasifan









10
Riyan









11
Dwi









12
Asih









13
Beben









14
Ihsan









15
Eviarina









16
Mentari









17
Mike









18
Nissa









19
Putri









20
Mantari









21
Reni









22
Rika









23
Tiara









24
Gita









25
Dini









Keterangan:
KB      : Kurang baik
B         : Baik
SB       : Sangat baik
b. Soal Pre test
 Lembar Kerja Siswa
1. Jelaskan asal pengertian dari kata ekonomi!
2. Tuliskan pengertian ekonomi menurut Paul A. Samuelson!
3. Berikan contoh dari tindakan ekonomi rasional dan irrasional!
4. Jelaskan dan berikan contoh dari motif ekonomi intrinsik dan motif ekonomi ekstrinsik!
Jawaban
1)      Kata “ekonomi” berasal dari kata Yunani (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan (nomos), atau “peraturan, aturan, hukum,” dan secara garis besar diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.”
2)      Menurut Paul A. Samuelson ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang perilaku orang dan masyarakat dalam memilih dengan atau tanpa uang, menggunakan sumber daya yang langka yang memiliki beberapa alternatif penggunaan dalam rangka memproduksi berbagai komoditas untuk kemudian menyalurkannya, baik saat ini maupun di masa depan kepada berbagi individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat.
3)         A. Tindakan rasional: Ibu Dina seorang penjahit dan sekarang dia sedang membutuhkan benang jahit berwarna biru, sehingga ibu Dina membeli benang jahit berwarna biru agar tetap bisa bekerja sebagai penjahit.
B. Tindakan irrasional: Roni mendapatkan tugas dari ayahnya untuk memfotokopi sebuah buku agar mendapat harga fotokopi yang murah tiap lembarnya Roni memilih tempat fotokopi yang agak jauh dari rumahnya, padahal kalau dipikir justru dialah yang rugi karena untuk mencapai tempat fotokopi yang dituju membutuhkan bensin yang lebih
4)        Motif ekonomi terbagi dalam dua aspek yaitu:
1. motif intrinsik, yaitu suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas kemauan sendiri. Contoh: Jerry belajar bersungguh-sungguh karena ingin pandai, Pak Eri bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.
2. motif ekstrinsik, yaitu suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas dorongan orang lain. Contoh: Pak Joni bekerja keras agar anaknya bisa sekolah tinggi, Eris belajar dengan rajin karena mendapat hadiah dari orangtuanya jika nilainya bagus.
Penskoran = Jumlah betul × 25

c.  Intrumen Post test
Jawablah soal dibawah ini dengan benar
1.      Pernyataan ini sesuai dengan prinsip ekonomi, kecuali ...
A. dengan korban sekecil-kecilnya, diperoleh hasil sebesar-besarnya.
B. dengan korban tertentu, diperoleh hasil sebesarnya.
C. untuk hasil tertentu, diupayakan korban sekecil-kecilnya.
D. dengan korban tertentu, dicapai kepuasan maksimal.
2.       Dengan berprinsip-ekonomi, kegiatan manusia akan menjadi ..
A. efisien.
B. efektif.
C. ekonomis
D. produktif
3.      Pernyataan yang bukan merupakan contoh penerapan prinsip ekonomi bagi konsumen diantaranya adalah …..
A. mencari informasi adanya promosi yang benar
B. menyusun skala prioritas kebutuhan
C. mengetahui jumlah barang serupa yang beredar
D. membandingkan harga barang di beberapa tempat
4.      Menekan biaya bahan dan tenaga kerja merupakan penerapan prinsip ekonomi bagi .....
A. Produsen
B. Konsumen
C. Distributor
D. Pedagang
5.      Pak Hadi bekerja dengan keras sehingga menjadi orang yang terpandang dan disegani banyak orang di kampungnya. Motif yang dimiliki Pak Hadi adalah ....
A. keuntungan
B. kekuasaan
C. penghargaan
D. kedudukan
6.       Pengelola rumah jompo melayani dengan penuh kasih setiap manula yang ada. Motif yang dimilikinya adalah ....
A. pendidikan
B. kedamaian
C. kedudukan
D. penghargaan
7.      Memilih lokasi yang strategis merupakan contoh penerapan .....
A. tindakan ekonomi
B. motif ekonomi
C. prinsip ekonomi
D. konsep ekonomi
8.      Tindakan ekonomi yang didasari prinsip ekonomi akan menghasilkan
A. pemborosan
B. efisiensi
C. efektifitas
D. ekonomis
9.      Dari berbagai kegiatan dibawah ini yang termasuk penerapan prinsip ekonomi...
A. menawar
B. tidak berbelanja
C. memasak
D. berolahraga
10.  Pak Burhan berusaha membuka ”bengkel sepeda motor” di rumahnya Kegiatan Pak Burhan tersebut didorong oleh keinginannya untuk menambah penghasilan/pendapatan keluarganya. Di samping itu, ia juga ingin mendidik anaknya agar mampu mengelola usaha secara mandiri. Pak Burhan juga ingin membantu menciptakan lapangan kerja bagi warga masyarakat di sekitarnya; serta ingin memakmurkan keluarga dan familinya. Motif apa saja yang dimiliki Pak Burhan?
A. ekonomi, penghargaan, kekuasaan
B. ekonomi, sosial, kedamaian
C. sosial, kedamaian, pendidikan
D. ekonomi, sosial, pendidikan
d.      Lembar Penilaian Tugas
Menilai laporan tentang tugas:

No

Nama siswa

Nilai


1
Wulandari


2
Azizah


3
Devi


4
Linda


5
Sri Hartini


6
Oktarina


7
Rizky Mirani


8
Ruri


9
Yasifan


10
Riyan


11
Dwi


12
Asih


13
Beben


14
Ihsan


15
Eviarina


16
Mentari


17
Mike


18
Nissa


19
Putri


20
Mantari


21
Reni


22
Rika


23
Tiara


24
Gita


25
Dini



Nilai = jumlah benar x 10




Indralaya,  25 maret 2014
Mengetahui,                                                               
Kepala SMA Negeri 1 Indralaya                                            Devi Pranita
LAMPIRAN I
MATERI AJAR
a.       Pengertian Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan itu kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan
Kata “ekonomi” sendiri berasal dari kata Yunani (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan (nomos), atau “peraturan, aturan, hukum,” dan secara garis besar diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.” Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.
Menurut Paul A. Samuelson ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang perilaku orang dan masyarakat dalam memilih dengan atau tanpa uang, menggunakan sumber daya yang langka yang memiliki beberapa alternatif penggunaan dalam rangka memproduksi berbagai komoditas untuk kemudian menyalurkannya, baik saat ini maupun di masa depan kepada berbagi individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat.
Secara umum, subyek dalam ekonomi dapat dibagi dengan beberapa cara, yang paling terkenal adalah mikroekonomi vs makroekonomi. Selain itu, subyek ekonomi juga bisa dibagi menjadi positif (deskriptif) vs normatif, mainstream vs heterodox, dan lainnya. Ekonomi juga difungsikan sebagai ilmu terapan dalam manajemen keluarga, bisnis, dan pemerintah. Teori ekonomi juga dapat digunakan dalam bidang-bidang selain bidang moneter, seperti misalnya penelitian perilaku kriminal, penelitian ilmiah, kematian, politik, kesehatan,pendidikan, keluarga dan lainnya. Hal ini dimungkinkan karena pada dasarnyaekonomi seperti yang telah disebutkan di atas adalah ilmu yang mempelajari pilihan manusia.
b. Tindakan ekonomi
Tindakan ekonomi adalah setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan, misalnya: ibu memasak dengan kayu bakar karena harga minyak tanah sangat mahal. Tindakan ekonomi terdiri atas dua aspek, yaitu:
• Tindakan ekonomi rasional, setiap usaha manusia dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan dan kenyataannya demikian. Contoh: Ibu Dina seorang penjahit dan sekarang dia sedang membutuhkan benang jahit berwarna biru, sehingga ibu Dina membeli benang jahit berwarna biru agar tetap bisa bekerja sebagai penjahit.
• Tindakan ekonomi irrasional, setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan namun kenyataannya tidak demikian. Contoh: Roni mendapatkan tugas dari ayahnya untuk memfotokopi sebuah buku agar mendapat harga fotokopi yang murah tiap lembarnya Roni memilih tempat fotokopi yang agak jauh dari rumahnya, padahal kalau dipikir justru dialah yang rugi karena untuk mencapai tempat fotokopi yang dituju membutuhkan bensin yang lebih.
c. Motif ekonomi
Motif ekonomi adalah alasan ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan tindakan ekonomi.
Motif ekonomi terbagi dalam dua aspek yaitu:
1. motif intrinsik, yaitu suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas kemauan sendiri. Contoh: Jerry belajar bersungguh-sungguh karena ingin pandai, Pak Eri bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.
2. motif ekstrinsik, yaitu suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas dorongan orang lain. Contoh: Pak Joni bekerja keras agar anaknya bisa sekolah tinggi, Eris belajar dengan rajin karena mendapat hadiah dari orangtuanya jika nilainya bagus.
Pada prakteknya terdapat beberapa macam motif:
• Motif memenuhi kebutuhan
• Motif memperoleh kekuasaan
• Motif memperoleh penghargaan
• Motif sosial/menolong sesame
d.Prinsip  Ekonomi
Prinsip ekonomi merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang didalamnya terkandung asas dengan penghargaan tertentu dan mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga tercapailah semua tujuan.
Gregory Mankiw mengungkapkan 10 prinsip ekonomi, empat diantaranya sebagai berikut:
1. manusia selalu menghadapi trade off
2. biaya adalah segala sesuatu yang kamu korbankan untuk memperoleh sesuatu
3. orang rasional berpikir secara bertahap
4. orang selalu bereaksi terhadap insentif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar