Jumat, 02 Mei 2014

Media Pembelajaran Interaktif



A.    Media Pembelajaran Interaktif
a.       Pengertian multimedia interaktif
Media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk mencapai tujuan pendidikan seperti radio, televisi, buku, koran, majalah dan sebagainya (Rossi dan Breidle dikutip Sanjaya, 2011:163). Selain itu, menurut Gerlach dan Ely dikutip Sanjaya (2011:163) secara umum media itu meliputi orang, bahan, peralatan, atau kegiatan yang menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, kontribusi media pembelajaran menurut (Kemp dan Dayton dikutip Daryanto, 2010:6):
1.      Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih berstandar.
2.      Pembelajaran dapat lebih menarik.
3.      Pembelajaran menjadi lebih efektif dengan menerapkan teori belajar.
4.      Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek.
5.      Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.
6.      Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan.
7.      Sikap positif  siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan.
8.      Peran guru mengalami perubahan ke arah yang positif.
Jadi dapat disimpulkan media adalah alat yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menambah pengetahuan dan wawasan, mengubah sikap, atau untuk menambah keterampilan siswa.
Menurut Hofstteter dikutip Rusman dkk (2012: 296) Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dalam menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Multimedia interaktif menurut Daryanto (2011:51) adalah suatu multimedia yang dilengakapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang akan dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah pembelajaran interaktif, aplikasi game, dan lain-lain.Bakri (2010: 2) Mengatakan Multimedia interaktif adalah sebuah teknologi baru dengan potensi yang sangat besar untuk mengubah cara belajar, cara untuk mendapatkan informasi dan cara untuk menghibur. Dalam hal ini diskusi melalui multimedia interaktif merupakan cara baru untuk belajar yang paling populer dari multimedia pembelajaran. Penggunaan teknologi multimedia sebagai salah satu media pembelajaran merupakan salah satu alternatif untuk membantu mengatasi masalah belajar siswa, karena dengan menggunakan teknologi multimedia (seperti CD interaktif), siswa mampu untuk belajar mandiri, lebih mudah, nyaman, kenyal dan belajar sesuai dengan kemampuannya tanpa kendala eksternal. Untuk tujuan instruksional, pengembangan multimedia pembelajaran harus mempertimbangkan strategi pembelajaran, baik dalam tingkat mikro maupun dalam tingkat makro.
Jadi dapat disimpulkan multimedia interaktif adalah media pembelajaran dari teknologi baru sebagai proses perubahan tingkah laku individu untuk mendapatkan informasi yang lebih menarik.
b.      Jenis-jenis Media Pembelajaran Interaktif
Menurut Schramm dikutip Yamin (2010:205) Membagi media menurut jumlah siswa (audiens) yang dilayaninya, yaitu: massal (banyak yang tersebar di area yang luas), klasikal (cukup kecil dan terpusat di satu tempat), atau individual. Pembagian menurut Schramm tersebut tampak didalam tabel 1 berikut:



               Tabel jenis-jenis media interaktif menurut Schramm
Media Untuk Audiens Besar
Media Untuk Audiens Kecil
Media Untuk Individual
Televisi
Film suara
Media cetak
Radio
Film bisu
telepon
Facsimile
Videotape
CAI (Computer Assisted Instruction)
Filstrip suara
Slide
Audiotape
Audiodisc
Foto
Poster

c.       Tujuan dan Manfaat Penggunaan Multimedia
Menurut Sutopo dikutip Juhaeri (2007:2)Multimedia dapat digunakan untuk bermacam-macam bidang pekerjaan, tergantung dari kreatifitas untuk mengembangkannya. Setelah mengetahui defenisi dari multimedia serta elemen-elemen multimedia yang ada, serta aplikasi-aplikasi yang saat ini digunakan pada bidang kehidupan manusia, maka dapat diketahui bahwa tujuan dari penggunaan multimedia adalah sebagai berikut :
1.      Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi.
2.      Penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut.
3.      Aplikasi multimedia dapat meransang panca indera, karena dengan penggunaannya multimedia akan meransang beberapa indera penting manusia, seperti : Penglihatan, pendengaran, aksi, maupun suara.
Menurut Sudjana dan Rivai (2009: 2) Manfaat media pengajaran dalam proses mengajar antara lain:
1.      Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
2.      Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa, dan memungkinkan para siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
3.      Metode pengajaran akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apabila guru mengajar untuk setiap jam pelajaran.
4.      Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan lain-lain.
B.     Pembelajaran Berbasis Komputer
Menurut Robert dikutip Jogiyanto (2006:1) Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan tugas yaitu menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi. Menurut Arsyad (2005:52) Komputer adalah mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberikan kode, mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit. Menurut Nasution (2011:110) Komputer adalah hasil teknologi modern yang membuka kemungkinan-kemungkinan yang besar alat pendidikan. Computer Assisted Instruction telah dikembangkan akhir-akhir ini dan telah membuktikan manfaatnya untuk membantu guru dalam mengajar dan membantu murid dalam belajar.
Menurut Heinich dkk dikutip Rusman (2011:291-292) Program bembelajaran berbasis komputer merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan mengggunakan software komputer berupa program komputer yang berisi materi pelajaran dalam bentuk latihan-latihan.Media pembelajaran berbasis komputer merupakan salah satu variasi penggunaan media pendidikan modern yang digemari oleh siswa(Solihatin, 2009:2), salah satu program komputer yang dapat menjadi media pendidikan adalah macromedia flash yaitu program animasi yang telah banyak digunakan untuk menghasilkan desain dan berguna untuk animasi interktif. Pemanfaatan komputer untuk menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) menjadi satu kesatuandengan link dan tool yang tepat sehingga memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, berinterkasi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Dapat disimpulkan pembelajaran berbasis komputer adalah suatu kegiatan pembelajaran yang menggunakan komputer dalam proses belajar mengajar untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
C.    Tujuan Pemakaian Komputer dalam pembelajaran
Menurut Daryanto (2010: 149-150) Pemakaian komputer dalam kegiatan pembelajaran bertujuan:
1.      Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks.Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut secara sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan, sehingga cocok untuk pembelajaran sendiri.
2.      Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games dan simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dalam proses pembelajaran.
3.      Untuk Tujuan Afektif
Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan menggunakan media komputer.
D.    Kelebihan Dan Keterbatasan Media Komputer
Menurut Heinich, dkk. (2005:20) kelebihan dan keterbatasan komputer sebagai media pembelajaran interaktif adalah sebagai berikut:
Kelebihannya:
1.      Memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuanya dan kecepatan dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan.
2.      Penggunaan komputer dalam proses belajar membuat siswa dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya.
3.      Dapat menciptakan iklim belajar efektif bagi siswa yang lambat tetapi juga memacu efektifitas belajar bagi siswa yang belajar lebih cepat.
4.      Mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajardan memberikan pengukuhan terhadap prestasi belajar siswa.
5.      Kemampuan dalam mengintegrasikan komponen warna, musik, dan animasi grafik yang menyebabkan penyampaian informasi dan pengetahuan dengan tingkat realisme tinggi.
Keterbatasanya:
1.      Tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran.
2.      Pengadaan, pemeliharaan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya relatif tinggi.
3.      Merancang program pembelajaran yang berbasis komputer merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Memproduksi program komputer merupakan kegiatan intensif yang memerlukan waktu banyak dan juga keahlian khusus.
E.     PowerPoint
Menurut Sriyanto (2009:12) MicrosoftPowerPoint adalah merupakan suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft PowerPoint akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan karena Microsoft PowerPoint akan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi,  presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik,  yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer.
Menurut Muhson dkk (2007:22) Microsoft PowerPoint merupakan perangkat lunak yang mudah dan sering digunakan untuk membuat media pembelajaran. Di dalam PowerPoint terdapat menu-menu yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif dan lebih menyenangkan.
Dapat disimpulkan PowerPointadalah suatu program yang dirancang khusus untuk menyampaikan presentasi dengan berbagai fitur menu yang mampu menjadikannya sebagai media komunikasi yang menarik. Beberapa hal yang menjadikan media ini menarik untuk digunakan sebagai alat presentasi adalah berbagai kemampuan pengolahan teks, wana, dan gambar, serta animasi-animasi yang bisa diolah sendiri sesuai kreatifitas penggunanya.
Menurut Sunarto (2007:17) Keunggulan Power Point:
1.      Mudah di pergunakan karena merupakan bagian dari Ms. Office
2.      Presentasi Multimedia: Kita dapat menambahkan berbagai multimedia  pada slide presentasi, seperti : clip art, picture, gambar animasi (GIF dan Flash),  background audio/music, narasi, movie (video klip).
3.      Custom Animation. Powerpoint memiliki fasilitas custom animation yang  sangat lengkap. Dengan fasilitas ini presentasi dapat menjadi lebih hidup,  menarik, dan interaktif.


F.     Implementasi Multimedia Berbasis Komputer Menggunakan PowerPoint Dalam Proses Pembelajaran
Microsoft PowerPoint merupakan sebuah software yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft, dan merupakan salahsatu program berbasis multimedia. Didalam komputer, biasanya program ini sudah dikelompokkan dalam program Microsoft Office. Program ini dirancang untuk khusus presentasi, baik yang diselenggarakan oleh perusahaan, pemerintah, pendidikan, maupun perorangan, dengan berbagai fitur yang mampu menjadikan sebagai media komunikasi yang baik.
Aplikasi softwareMicrosoft PowerPoint yang sering dilakukan untuk presentasi dapat dioptimalkan penggunaanya dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang dimilikinya seperti hyperlink, insert picture, table, grafik movie, sound, beserta efek animasinya (custom animation) dalam menampilkan gambar bangun, garis, teks, dan gambar secara kolaboratif. Pada prinsipnya program ini terdiri beberapa unsur rupa, dan pengontrolan operasionalnya.Unsur-unsur rupa yang dimaksud terdiri dari slide, teks, gambar dan bidang-bidang warna yang dapat dikombinasikan dengan latar belakang yang telah tersedia.Unsur rupa tersebut dapat kita buat tanpa gerak, atau dibuat dengan gerakan tertentu sesuai dengan keinginan kita. Seluruh tampilan dari program ini dapat kita atur sesuai keperluan, apakah akan berjalan sesuai timing yang kita inginkan, atau berjalan secara manual, yaitu dengan mengklik tombol mouse, biasanya jika digunakan untuk menyampaikan bahan ajar yang mementingkan terjadinya interaksi antara pesert didik dengan tenaga pendidik, maka kontrol operasinya menggunakan cara manual.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Sutrisno pada siswa kelas VII A SMP N 1 Tanaman-Bondowoso tahun 2010-2011 dengan menyampaikan bahan ajar melalui pembelajaran berbasis PowerPoint berupa tayangan materi dan gambar-gambar. Melalui pengamatan, diharapkan siswa mampu mengeksplorasi potensi diri dan mengembangkan kreativitas.Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Siklus Pertama diperoleh pecapaina ketuntasan belajar indivisu mencapai 60% dari penilaian awal dengan pencapaian 27% jadi terdapat peningkatan 33%. Siklus Kedua diperoleh pencapaian ketuntasan belajar individu 100%.Maka terdapat peningkatan 40% dari siklus Pertama.Berdasarkan tindakan tersebut diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis PowerPoint dapat meningkatkan motivasi belajar.
PowerPoint diibaratkan sebagai boomerang bagi pendidik/presentator dalam memanfaatkannya sebagai media belajar. Jika PowerPoint dimanfaatkan dengan baik atau benar akan sangat membantu. Terlebih lagi jika pendidik dapat memaksimalkan kegunaan dan fungsi PowerPoint itu sendiri dan menggabungkan dengan aplikasi lain serta kekreatifanya. Kekreatifan dapat dinilai dari segi keindahan, kejelasan, dan pengaturan format PowerPoint yang dilakukan dengan sedemikian sehingga siswa dapat menyimak dan menerima hasilnya dengan maksimal.Desain yang simple dan nyambung dengan bahan ajar yang disampaikan menjadi nyawa kedua dari PowerPoint. Karena serigkali dalam banyak presentasi dengan menggunakan powerpointyang lebih banyak diperlihatkan adalah desainya, sehingga pendidik terdakang melakukan kesalahan kecil yang juga dapat berakibat fatal bagi proses pembelajaran seperti terlalu banyak memberi gambar yang sebenarnya justru akan membuat PowerPoint tersebut kacau dan tidak sesuai.PowerPoint memang memberikan kemudahan namun dalam pemanfaatanya diperlukan juga kebijakan dan kemampuan dari pendidik untuk memahami, menggunakan, dan mengoperasikan segala fitur yang pada PowerPoint secara optimal sehingga mempercepat tercapainya tujuan pembelajaran.
Menurut Suharmanto (2007:23) Adapun langkah-langkah proses pembelajaran menggunakan PowerPoint:
1.      Menyiapkan Materi
Materi yang disiapkan dalam tahap awal pembuatan media pembelajaran adalah Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), termasuk berbagai gambar dan video yang mendukung materi pembelajaran.

2.      Membuat Slide Materi
Slide materi meliputi 3 bagian pokok, yaitu:
a.       Slide Opening
Slide opening adalah slide pembuka dalam sebuah proses pembelajaran. Slide opening biasanya berisi Judul, menampilakan SK dan KD.
b.      Slide Master
Slide master adalah inti dari proses pembelajaran yang mencakup keseluruhan materi yang akan diberikan kepada siswa. Slide master berisi Home yang didalamnya terdapat beberapa link menuju sub materi dan linklain yang menuntun perjalanan slide sampai akhir (penutup).
c.       Slide Penutup
Slide penutup adalah slide akhir atau closing dari proses pembelajaran. Slide penutup berisi referensi buku dan kesimpulan.Untuk mempercantik tampilan Media pembelajaran, bisa menambahkan beberapa efek kejutan untuk siswa, misalnya dengan membuat gambar berjalan di powerpoint, atau dengan mengedit foto agar lebih menarik.
3.      Menambahkan gambar, animasi, suara, dan video
Setelah anda menyiapkan gambar, animasi, maupun video untuk powerpoint pada tahap pertama tadi, kini saatnya anda memasukkannya kedalam media pembelajaran tertsebut. Mempercantik tampilan dengan mengedit kembali hasil media interaktif yang telah anda buat dengan memasukkan audio berupa lantunan musik atau efek suara yang dapat membantu siswa untuk fokus pada media pembelajaran dan memahami maksud dari slide yang telah dibuat.

1 komentar:

  1. artikel yang sangat menarik
    jadi menambah wawasan tentang media pembelajaran interaktif

    PSC Indonesia - Jasa Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Flash
    Telp. 0815 797 4549
    BB. 7585807C
    www.pscindonesia.com

    BalasHapus